Ada Gerhana Venus Minggu Malam (16/5/2010)


Sebanyak 70 daerah di Indonesia dari 195 tempat di dunia, Minggu (16/5/2010), bisa menyaksikan gerhana planet Venus. Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan, mengatakan, tak semua wilayah bisa melihat gerhana Venus.

Situs www.lunar-occultations.com, melansir, 70 daerah di Indonesia yang bisa melihat gerhana planet Venus yakni di pulau Sumatera yaitu di langit Batam, Bengkulu, Jambi, Padang, dan Palembang serta Lhoksemauwe Aceh. Di Pulau Jawa, gerhana itu bisa dilihat dari semua wilayah termasuk pesisir utara dan selatan.

Adapun di Kalimantan, antara lain Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Ketapang, dan Palangkaraya. Sementara Sulawesi meliputi Poso, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, dan Ujung Pandang. Wilayah lainnya antara lain, Bima, Denpasar, Mataram, Natuna, dan Ternate.

Gerhana Venus terjadi pada saat posisi bulan, planet bumi, serta planet Venus sejajar. Dari bumi, planet Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh Bulan. Pergerakan planet fajar ini seolah-olah membelakangi bulan. Para Astromom menyebutnya dengan istilah Okulasi.

Melihat kejadian ini dari bumi, bulan akan terlihat sabit karena baru menginjak hari ke-2 atau biasa disebut bulan baru. Jika Anda berada di Bandung dan sekitarnya, waktu paling tepat untuk melihat gerhana Venus dimulai pukul 18.50.

"Fenomena gerhana Venus" akan mulai lenyap hingga pukul 19.30 WIB setelah itu, planet Venus akan muncul kembali dan posisinya akan terlihat disebelah kiri bawah dari bulan.

tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Beri Komentar . . .

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites